Selasa, 21 Februari 2012

Cuci tangan Pakai sabun (by Molly Inta Sari)







Hai semuanya!! Kali ini saya akan menjelaskan tentang CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) kalian pasti tahu kan salah satu penyebab orang diare? Ya, seratus. Tak lain dan tak bukan salah satu penyebabnya yaitu akibat orang tersebut salah makan atau makan makanan yang kotor. Tapi ada penyebab lain yang juga tak kalah perannya dalam menyebabkan diare, yaitu tidak CTPS di waktu yang dianjurkan. Berikut ini penjelasan saya tentang CTPS.

*      CTPS itu apa sih??
CTPS adalah mencuci tangan sampai bersih dengan sabun, guna menghilangkan bakteri dan virus yang menempel di tangan. Jika kita mencuci tangan hanya dengan air saja, jika dilihat  mungkin akan terlihat bersih. Tetapi jika dilihat secara seksama,  masih banyak bakteri dan kuman yang menempel di tangan kita. Karena itu mencuci tangan sebaiknya dengan sabun.

*      Mengapa CTPS harus dilakukan??
Karena:
-          CTPS adalah cara yang paling mudah dan efektif melaksanakan hidup sehat.
-          CTPS dapat mencegah berbagai penyakit, seperti: muntaber, diare, kecacingan, H1N1, H5N1, ISPA dan infeksi saluran pernafasan lainnya.
-          CTPS dapat mencegah penyakit yang menyebabkan kematian ribuan anak – anak setiap tahunnya. Hal ini dikaji oleh Curtis dan Caincross tahun 2003, bahwa CTPS setelah bersentuhan dengan tinja dapat menurunkan insiden diare sebesar 42-47%. Lumayan, kan?
-          CTPS dapat mencegah penyebaran bakteri dan virus berbahaya pada tangan yang kotor. Karena biasanya kita sering memegang sesuatu yang bisa saja mengandung kuman.

*      Kapan waktu yang dianjurkan untuk CTPS??
Waktu – waktu yang dianjurkan untuk CTPS, yaitu:
-          Sebelum dan sesudah makan
-          Sebelum menyentuh makanan (mempersiapkan, memasak, menyajikan)
-          Setelah bersentuhan dengan tinja (setelah BAB, BAK, menceboki anak/bayi)
-          Setelah bersin atau batuk
-          Saat tangan kita kotor
Kita dianjurkan melakukan CTPS sebelum atau sesudah melakukan hal – hal diatas demi kesehatan kita, karena jika tidak CTPS, banyak penyakit yang mungkin akan kita jumpai.

*      Kalo gitu, virus/bakteri apa aja sih yang bisa muncul kalo tidak CTPS??
Banyak sekali!! Liat aja gambar berikut, tapi artikan sendiri, ya, fungsinya!! J

*      Kalau begitu, cara CTPS itu gimana??
Mudah saja, kok. Hanya dengan menyediakan air mengalir (bukan kobokan) dan sabun. Ada 7 langkah (step) untuk melaksanakan CTPS, tetapi sebelum memulai langkah pertama, kita mulai dengan langkah awal dulu. Setelah kita melaksanakan langkah ke 7, kita akhiri dengan langkah akhir. Cara CTPS yang benar adalah :

Langkah awal :
·         Buka aliran air
·         Basahi kedua tangan dengan air mengalir (setelah itu matikan aliran air*hemat air, cuyy!!)
·         Tuangkan sabun (bebas) ke tangan secukupnya
·          
7 Langkah Inti :
Ratakan sabun di telapak tangan.
Gosok punggung tangan dan jari bagian atas dengan meletakan tangan kanan di atas punggung tangan kiri, dan sebaliknya.
Gosok sela-sela jari bawah dengan mengaitkan telapak dan jari.
Bersihkan kuku dengan mengunci kedua telapak tangan. Lakukan gerakan naik-turun.
Bersihkan jempol dengan gerakan memutar telapak tangan kiri di jempol kanan dan sebaliknya.
 Bersihkan celah kuku dengan menguncupkan jari, gosok memutar di telapak tangan.
Bersihkan pergelangan tangan dengan memutar pergelangan tangan menggunakan telapak tangan


Langkah Akhir :
·         Bilas kedua tangan dengan air sampai sisa-sisa sabun di tangan hilang
·         Matikan aliran air dengan tissue (supaya kuman yang kita bawa saat membuka aliran air tidak ikut terbawa oleh tangan kita yang sudah bersih)
·         Keringkan kedua tangan dengan mengibas – ibaskan kedua tangan di udara (*jangan dikibaskan (dicipretkan) ke temannya,lhoo!!), atau  kalau ada, keringkan kedua tangan dengan kain atau handuk bersih (*kain / handuk bersih hanya digunakan saat kering, karena kain / handuk yang basah biasanya menjadi sarang kuman.*sama aja boong dunkk kalo pake kain / handuk yang basah..) bisa juga dengan tisu (yang paling baik adalah dengan tisu. Karena penggunaan tisu hanya sekali pakai. Mengecilkan kemungkinan penyebaran bakteri dan virus pada saat penggunaan)
Mudah bukan?
*      Oh, iya.. tadi kan ngga boleh pake kobokan, emangnya kenapa kalo pake kobokan??
Hmm.. Karena kalau kita cuci tangan (misalnya sebelum makan dan sesudah makan) dengan kobokan, maka air di dalam kobokan itu akan mengandung kuman saat kita pertama mencuci tangan. Percuma donk cuci tangan kalo airnya kotor. Apalagi kalo make airnya berjamaah (satu untuk semua). Bayangkanlah sendiri.. Oh, iya.. Sabun yang dipakai saat CTPS itu BEBAS. Mau sabun cair, sabun batang, sabun colek, dll. *asal jangan detergen buat nyuci baju (rinso, attack, daia, dll).. ntar tangannya rusak, lhoo.. J

            Sekian penjelasan saya tentang CTPS. Saya harap artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Saya juga berharap pembaca bisa membudayakan CTPS dalam kehidupan sehari – hari dan mengajak orang – orang sekitar untuk ikut membudayakan CTPS di sekolah, di rumah, dan di manapun kita berada. Kita sehat, Indonesia sehat!! :D

Terima kasih.

Nama    : Molly Inta Sari
Kelas     : 7B
Tema     : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Artikel ini 100% tidak mengandalkan copy-paste!!!!!

2 komentar: